Manfaat Dan Kegunaan Daun Bawang

By | March 25, 2016

Manfaat Dan Kegunaan Daun Bawang

Manfaat Dan Kegunaan Daun Bawang ,- Daun bawang adalah jenis sayuran dari kelompok bawang yang banyak digunakan dalam masakan. Penggunaan daun bawang bisa ditemukan misalnya dalam martabak telur, sebagai bagian dari sop, atau sebagai bumbu tabur seperti pada soto. Daun Bawang mengandung energi sebesar 29 kilokalori, protein 1,8 gram, karbohidrat 5,2 gram, lemak 0,7 gram, kalsium 55 miligram, fosfor 39 miligram, dan zat besi 7 miligram.  Selain itu di dalam Daun Bawang juga terkandung vitamin A sebanyak 1365 IU, vitamin B1 0,09 miligram dan vitamin C 37 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Daun Bawang, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 67 %. # Manfaat Dan Kegunaan Daun Bawang

Manfaat Dan Kegunaan Daun BawangDaun bawang terbagi menjadi dua macam yaitu daun bawang bakung atau bawang semprong/sibol yang dalam bahasa latin disebut allium fistulosum dan daun bawang prei atau leek, dalam bahasa latin disebut allium porrum. Kedua daun bawang tersebut memiliki ciri fisik yang berbeda. Daun bawang bakung/semprong/sibol mempunyai umbi kecil, berdaun bulat, panjang, serta memiliki lubang seperti pipa. Sedangkan daun bawang prei/leek tidak mempunyai umbi, berdaun panjang, pipih, serta memiliki pelepah yang panjang dan liat. # Manfaat Dan Kegunaan Daun Bawang

Meski dari segi fisik berbeda, namun daun bawang memiliki manfaat dan kegunaan untuk kesehatan bagi tubuh. Berikut macam manfaat dan kegunaan daun bawang :

Manfaat Dan Kegunaan Daun BawangSejak awal, manfaat daun bawang memang sudah terkenal. Selain daun bawang digunakan untuk menyedapkan masakan, ternyata daun bawang juga memiliki fungsi sebagai obat. Lantas seperti apa khasiat dan manfaat dari daun bawang ini?

1. Pencegah anemia

Daun bawang memiliki kandungan zat besi yang dapat meningkatkan produksi darah yang berada di dalam tubuh. Bila Anda mengalami kekurangan darah, Anda bisa mencoba mengkonsumsi daun bawang ini. Kandungan ferroportin di daun bawang inilah yang menyimpan zat besi. Saat pengonsumsian, Anda dapat menambahkannya di dalam sup. # Manfaat Dan Kegunaan Daun Bawang

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat utama yang bisa Anda rasakan Dari daun bawang, ia mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bagian bawah bawang yang memiliki warna putih mempunyai kandungan allicin. Allicin ini adalah senyawa belerang yang memberi aroma tajam di daun bawang. Senyawa ini yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Baik bagi jantung

Daun bawang sangat terkenal untuk menyehatkan jantung. Ia mengandung polysulfides yang akan melindungi Anda karena penyakit jantung. Sayuran ini mempunyai beragam manfaat dikarenakan ia mengandung banyak sekali mineral. Mineral yang berada di dalamnya memiliki fungsi mempertahankan HDL atau kadar kolesterol baik di tubuh. Mineral lain juga akan ada untuk membuat jantung lebih sehat. # Manfaat Dan Kegunaan Daun Bawang

4. Menjaga kekuatan tulang

Vitamin K, ternyata juga terdapat di daun bawang. Vitamin K ini sangat penting demi menjaga kesehatan tulang, ia dapat membantu regulasi sel, dan membantu mencegah demineralisasi di tulang. Ini juga membantu karena adanya produksi protein yang sering disebut osteocalcin, yang begitu penting sebagai penjaga kepadatan mineral dalam tulang agar tidak mudah terjadi berbagai macam penyakit di tulang.

5. Menyehatkan pencernaan

Mengapa daun bawang bisa menyehatkan pencernaan? Hal ini dikarenakan kandungan serat yang begitu baik di dalam daun bawang. Seperti yang kita ketahui, serat memiliki manfaat untuk mengatasi sembelit. Jadi, ketika Anda mengalami sembelit, Anda bisa mengkonsumsi daun bawang sedikit lebih banyak. # Manfaat Dan Kegunaan Daun Bawang

6. Mencegah diabetes

Daun bawang memiliki kandungan phyto-kimia, phyto-kimia ini adalah allium serta alil disulfida, ia mempunyai sifat pencegah diabetes. Zat yang satu ini sangat ampuh untuk mencegah degradasi insulin di tubuh serta meningkatkan metabolisme glukosa. Oleh sebab itu, tidak ada larangan khusus bagi penderita diabetes untuk mengkonsumsi daun bawang.

7. Anti bakteri

Tahukah Anda kandungan dari warna hijau yang berada di daun bawang? Ternyata warna hijau ini mempunyai kandungan anti bakteri serta anti peradangan, dan untuk bagian putih di daun bawang, ia mempunyai sifat untuk melindungi tubuh dari berbagai macam infeksi yang sering menyerang tubuh.

8. Menjaga kesehatan mata

Mata adalah salah satu anggota tubuh yang menjadi panca indera yang sangat penting. Maka kita harus menjaga kesehatannya. Bukan hanya wortel, apel dan tomat yang bagus untuk kesehatan mata, bawang daun juga. Dalam satu batang bwang daun terdapat kandungan pro-vitamin A sebanyak 24 µg. Jumlah tersebut sudah mencukupi 2,6 % dari asupan harian yang dibutuhkan pria dan 3,4 % yang dibutuhkan wanita.

9. Baik untuk wanita hamil

Bawang daun memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Asam folat ini sangat dibutuhkan oleh wanita hamil untuk mengoptimalkan perkembangan janin dan meningkatkan kecerdasan otak. Wanita hamil yang kekurangan folat akan rentan keguguran dan mengalami kelelahan.

10. Mengobati cacingan

Anak yang terkena cacingan biasanya cenderung kurus dan kurang aktif. Untuk mengobatinya bisa menggunakan daun bawang. Caranya, beri saja makanan yang mengandung daun bawang. Namun akan lebih bagus jika diberi sop yang mengandung daun bawang karena senyawa di dalamnya masih utuh daripada masakan yang cara memasaknya digoreng.

11. Meningkatkan kualitas tidur

Kualitas tidur sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Mendapatkan tidur yang berkualitas berarti mendapatkan kembali kebugaran tubuh yang telah digunakan untuk beraktifitas seharian. Mengkonsumsi daun bawang dapat memperbaiki kualitas tidur, mencegah depresi dan mengendalikan homosistein.

Ternyata di balik bentuknya yang kecil, daun bawang menyimpan banyak manfaat dan kegunaan untuk kesehatan tubuh Anda. Jadi jangan buang daun bawang yang ada di dalam suatu masakan. Semoga artikel manfaat dan kegunaan daun bawang di atas bermanfaat untuk anda.

Manfaat Dan Kegunaan Daun Bawang

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *