Bahaya Penyakit Kanker

By | July 27, 2015

Bahaya Penyakit Kanker

Bahaya Penyakit Kanker ,- Setiap hari semakin banyak orang diidentifikasi posistif mengidap penyakit kanker. Hal ini lah yang membuka mata kita untuk lebih mengenal dan menghindari penyakit ini. Pola hidup yang tidak sehat dengan menu makanan yang tidak sehat ( junk food ) dan tingkat stres yang tinggi serta populasi udara, tentu bisa memicu penyakit ini. Salah satu cara untuk menghindari dari bahaya penyakit kanker adalah dengan mengkonsumsi obat herbal dari kulit manggis dan daun sirsak Ace Maxs. Sebelum membahas lebih lebar, mari kita bahas dulu pengertian dari penyakit kanker.

Sekilas Mengenai Bahaya Penyakit Kanker

Bahaya Penyakit KankerPenyakit kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel – sel jaringan tubuh yang tidak normal dan sel-sel kanker akan berkembang dengan cepat, tidak terkendali, dan akan terus membelah diri serta menyusup ke jaringan sekitarnya (invasive) terus menyebar melalui jaringan ikat, darah, dan menyerang organ – organ penting seperti syaraf tulang belakang. Dalam keadaan normal, sel hanya membelah diri jika ada penggantian sel yang rusak atau mati. Sebaliknya sel kanker akan membelah diri terus meskipun tubuh tidak memerlukannya. Dapat kita ambil kesimpulan bahwa betapa mengerikannya penyakit kanker ini jika sudah masuk ke dalam tubuh kita.

Jenis Dan Macam-Macam Penyakit Kanker :

Kanker Serviks
Kanker Payudara
Leukemia
Kanker Otak
Kanker Prostat
Kanker Paru-paru
Kanker Hati
Kanker Kulit
Osteosarcoma
Kanker Ovarium
Kanker Lambung
Limfoma
Kanker Pankreas
Kanker Usus Besar
Kanker Tiroid
Kanker Vagina
Kanker Penis
Kanker Laring
Kanker Kerongkongan
Kanker Endometrium
Kanker Kandung Kemih
Kanker Nasofaring
Kanker Usus 12 Jari
Kanker ginjal
Kanker Anal
Kanker Testis
Multiple Myeloma
Kanker Adrenal
Kanker Mata
Kanker Jaringan Lunak
Kanker Lidah
Kanker Saluran Empedu
Kanker Kandung Empedu
Kanker Oral

Bahaya Penyakit Kanker Terhadap Kesehatan

1. Waktu buang air besar atau kecil ada perubahan kebiasaan atau gangguan

Organ tubuh yang paling berhubungan dengan buang air besar adalah saluran pencernaan khusunya usus halus, usus besar dan dubur. Seperti kita ketahui, usus adalah organ yang berongga seperti pipa yang mempunyai dinding usus dengan lubang didalamnya untuk lewatnya makanan. Tumor atau kanker usus umumnya berasal dari dinding usus bagian dalam, dimana waktu tumor masih berguguran kecil, tidak akan memberikan gejala. Makin lama tumor tersebut makin tumbuh ke arah dalam dan menyebabkan sumbatan lubang usus, sehingga menyebabkan penderita tidak dapat buang air besar, perut kembung, bahkan muntah.

Bila letaknya didekat dubur atau bagian usus yang disebut Rectum, maka tumor akan tumbuh dan menutup lubang rectum, sehingga diameter lubangnya menyempit, akibatnya tinja yang dikeluarkan ukurannya menjadi kecil-kecil seperti kotoran kambing, atau bisa juga berak keluarnya hanya darah bercampur lendir seperti gejala dysentri. Bisa juga buang air besar keluar darah seperti wasir.

Buang air kecil normal berwarna bening atau kekuningan. Bila air seni berwarna kemerahan atau merah seperti darah, harus diwaspadai adanya kanker pada ginjal, kanker kandung kencing atau kanker prostat. # Bahaya Penyakit Kanker

2. Alat pencernaan terganggu dan susah menelan.

Kanker didaerah leher dan kerongkongan dapat nenyebabkan gangguan menelan, karena kanker menyebabkan penyempitan lubang kerongkongan seperti pada kanker kelenjar gondok. Bisa juga kanker memang tumbuh pada dinding kerongkongan sehingga lubangnya nenyempit. Akibatnya makanan susah lewat, susah menelan dan terasa sakit saat menelan.

Alat pencernaan terganggu seperti mual, muntah, nafsu makan berkurang yang lebih dari dua minggu disertai penurunan perat badan, haruslah dicurigai kemungkinan adanya kanker di lambung, asas halus maupun liver.

Suara serak dan bentuk yang tidak sembuh-sembuh. Ha1 ini merupakan salah satu tanda bahaya tentang kemungkinan adanya kanker pada saluran nafas atau kanker paru-paru, khususnya bagi Para perokok yang tergolong perokok aktif dan perokok berat diatas usia 40 tahun. Bisa juga kanker pada trachea (tenggorokan atau kanker thyroid (kelenjar gondok) yang menyerang saraf suara sehingga menyebabkan suara serak. # Bahaya Penyakit Kanker

3. Payudara atau tempat lain ada benjolan atau tumor

Benjolan atau tumor adalah bagian terbesar dari gejala kanker umumnya. Pada organ yang terletak di permukaan seperti kulit, payudara, thyroid, jaringan lunak seperti otot tungkai, rongga mulut dan lainnya, bila didapatkan benjolan yang relatif cepat membesar, harus diwaspadai adanya kanker.

Andeng-andeng yang berubah sifatnya menjadi miskin besar dan gatal. Andeng-andeng atau tahi lalat bila tidak membesar tidak apa-apa. Tetapi bila ada pembesaran yang relatif cepat, disertai rasa gatal, mudah berdarah, warna berubah, tepinya menjadi tidak teratur, sekitarnya berwarna kemerahan, terasa sakit bila di tekan, maka haruslah curiga adanya kanker.

4. Darah dan lendir yang abnormal keluar dari tubuh

Bila ada darah di luar haid pada wanita seperti :
– Menyimpang dari waktu haid
– Setelah memasuki masa mati haid (menopause)
– Setelah persetubuhan
– Darah yang keluar dari puting susu
– Merupakan tanda bahaya dan harus diperiksakan apakah kanker atau bukan.

5. Adanya koreng atau borok yang tidak mau sembuh-sembuh

Terutama pada kanker kulit, harus dicurigai bila ditemukan sebagai berikut :

– Luka lama atau borok yang sukar sembuh, gampang berdarah, dan permu­kaannya menonjol atau dasarnya berbenjol-benjol
– Luka-luka lama; yang terdapat di bibir, selaput lendir mulut dan alat kelamin laki maupun perempuan
– Benjolan atau pertumbuhan pada permukaan kulit atau pertumbuhan kulit terutama pada orang-orang tua.
– Adanya borok atau luka yang tidak sembuh-sembuh pada daerah tubuh yang sering terkena trauma / gesekan atau banyak terkena sinar matahari. # Bahaya Penyakit Kanker

Faktor Penyebab Terjadinya Penyakit Kanker

Beberapa faktor resiko kanker dan juga bisa menyebabkan terjadinya penyakit kanker bisa berupa :

– Faktor Genetik (faktor Keturunan). Bila dalam sebuah lingkup keluarga mempunyai riwayat menderita kanker, maka anggota keluarga lainnya akan mempunyai faktor resiko penyakit kanker akan mudah terjadi dibandingkan dengan keluarga yang tanpa riwayat tumor ganas ini. Misalnya wanita atau saudara perempuan akan mempunyai resiko terkena kanker payudara meningkat 1,5-3 kali bila ada anggota keluarga atau pun saudaranya mengidap penyakit kanker payudara juga dibandingkan dengan yang tidak mempunyai riwayat keluarga.

– Faktor Lingkungan. Dalam berbagai kasus penyakit, faktor lingkungan ini berperan serta banyak dalam timbulnya suatu penyakit. Sama halnya dengan hal yang bisa menyebabkan penyakit kanker ini. Lingkungan dan kebiasaan buruk bagi kesehatan contohnya adalah merokok akan bisa meningkatkan resiko terkena penyakit kanker yang berhubungan dengan saluran pernafasan. Seperti halnya kanker paru-paru, kanker mulut. Itu semua karena bahan racun yang terkandung dalam sebuah rokok amat buruk untuk kesehatan seseorang. Faktor lingkungan yang bisa meningkatkan faktor resiko kanker lainnya adalah sinar ultraviolet matahari serta radiasi ionisasi (yang merupakan karsinogenik) digunakan dalam sinar rontgen dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga nuklir dan ledakan bom atom hingga menjangkau jarak sangat jauh.

– Pola Makan Yang Tidak Sehat. Makanan bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya kanker. Khususnya adalah makanan yang menggunakan berbabagi macam bahan-bahan kimia yang seharusnya bukan untuk bahan makanan. Hal ini seperi kita banyak saksikan bahwa tidak sedikit produk makanan juga yang dicampur dengan bahan kimia industri rumah tangga atau lainnya dengan tujuan tertentu. Kebanyakan akan bisa menimbulkan kanker yang berhubungan dengan saluran pencernaan. Untuk itulah kita sebagai orang tua perlu untuk memilih jajanan sehat bagi anak-anak kita juga.

– Gaya Hidup Yang Tidak Sehat. Ini sama dengan adanya perilaku hidup yang tidak sehat seperti halnya merokok, mengkonsumsi minum-minuman keras (beralkohol). Perilaku seks bebas juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya kanker serviks

– Faktor Mental Seseorang. Bahasa mudahnya adalah faktor kejiwaan seseorang. Stressor dalam hal ini terutama stress yang berat akan bisa menyebabkan adanya ganggguan keseimbangan seluler tubuh. Keadaan tegang terus menerus dapat mempengaruhi sel, dimana sel akan menjadi lebih hiperaktif dan pada akhirnya akan bisa berubah sifat menjadi ganas sehingga menyebabkan kanker. Untuk itulah kita juga perlu mengetahui akan tips menghilangkan stress.

– Gangguan Keseimbangan Hormon Tubuh. Hormon tubuh di sini adalah lebih banyak pada hormon estrogen dan progesteron. Hormon estrogen berfungsi merangsang pertumbuhan sel yang cenderung mendorong terjadinya kanker, sedangkan progesteron melindungi terjadinya pertumbuhan sel yang berlebihan. Ada kecenderungan bahwa kelebihan hormon estrogen dan kekurangan progesteron akan bisa menyebabkan meningkatnya risiko kanker payudara, kanker leher rahim, kanker rahim (pada kaum wanita) dan ini juga meri[akan jenis kanker yang banyak menyerang wanita perempuan dan kanker prostat dan buah zakar pada kaum pria.

Tanda Dan Gejala Bahaya Penyakit Kanker

Setidaknya ada 15 gejala kanker yang perlu Anda waspadai:

1. Perubahan pada payudara

Pada wanita khususnya, payudara adalah salah satu organ paling pribadi. Penting artinya memeriksa kondisi payudara secara berkala. Benjolan, penebalan, dan perubahan warna kulit menjadi kemerahan patut diwaspadai sebagai indikasi kanker. Rasa gatal, kulit mengelupas, atau ruam di payudara selama berminggu-minggu juga perlu diwaspadai. Perubahan lain pada kulit payudara, seperti bengkak, kulit tertarik ke dalam, atau mengerut, juga harus dicurigai sebagai gejala.

Bagi pria, kewaspadaan juga harus diterapkan karena kanker payudara bisa menyerang meski hal ini jarang terjadi. Setiap benjolan di payudara sebaiknya perlu diwaspadai, terutama jika keluar cairan dari puting.

2. Rasa nyeri yang tidak biasa

Seiring bertambah usia, makin sering Anda rasakan sakit dan nyeri. Rasa nyeri yang terus-menerus dan tidak biasa bisa merupakan tanda kanker. Terlebih lagi, nyeri ini bukan disebabkan luka atau sakit yang pernah dirasakan sebelumnya.

3. Perubahan pada testis

Kanker testis/buah pelir sering muncul pada pria usia 20-39 tahun. Setiap perubahan ukuran pada testis, baik membesar maupun mengecil, harus tetap diwaspadai. Begitu pula jika terjadi pembengkakan atau perasaan berat di skrotum. Kadang kanker testis bisa berkembang sangat cepat sehingga akan lebih baik jika Anda mengetahuinya sedini mungkin.

4. Perubahan pada kelenjar getah bening

Jika Anda menyadari ada benjolan atau pembengkakan, baik di ketiak maupun leher atau di mana saja, maka waspadalah! Terlebih lagi jika benjolan itu membesar dari hari ke hari dan berlangsung lama bahkan hingga lebih dari satu bulan.

5. Demam

Selain menandai beragam penyakit seperti radang paru, tenggorokan, dan infeksi, demam juga bisa menandai adanya kanker. The American Cancer Society menyatakan, demam adalah salah satu gejala yang terjadi pada kanker darah stadium awal, khususnya leukemia atau limfoma. Sering kali, demam muncul ketika kanker sudah menyebar ke organ tubuh lainnya.

6.  Berat badan turun dratis tiba-tiba

Penurunan berat badan yang tiba-tiba (lebih dari 10 persen berat badan) dan di luar dugaan tanpa upaya tersendiri dalam waktu singkat perlu diwaspadai. Biasanya penurunan bobot secara drastis ini berkaitan dengan kanker kolon atau kanker organ pencernaan lainnya.

7. Gangguan nyeri perut dan depresi

Setiap pria yang mengalami gangguan nyeri perut disertai depresi perlu diperiksa lebih lanjut karena para ahli menemukan adanya hubungan antara depresi dengan kanker pankreas.

8. Lelah berlebihan

Seperti halnya demam, lelah berlebihan yang tidak membaik dengan istirahat juga bisa menjadi salah satu gejala kanker. Biasanya kondisi ini timbul setelah kanker berkembang, meski bisa terjadi juga pada fase dini seperti pada leukemia atau kanker usus besar.

9. Batuk tak kunjung sembuh

Batuk selalu dikaitkan dengan flu dan alergi. Akan tetapi, batuk terus-menerus dalam periode lama, sekitar tiga atau empat minggu, harus diperhatikan karena bisa merupakan gejala kanker atau pertanda adanya masalah lain, seperti radang paru-paru kronis.

10. Sulit menelan

Jangan pernah menyepelekan kondisi ini. Kesulitan menelan makanan atau selalu merasa ada yang tersangkut di kerongkongan bisa saja menandai adanya kanker pada saluran pencernaan, seperti kanker esofagus.

11. Perubahan pada kulit

Anda harus memperhatikan bukan hanya perubahan di tahi lalat, melainkan juga pigmentasi kulit. Perdarahan di kulit atau kulit yang mengelupas hebat dalam waktu beberapa minggu dan tidak hilang bisa merupakan salah satu pertanda kanker kulit.

12. Terjadi perdarahan di tempat yang tidak seharusnya

Kapan pun Anda melihat adanya darah dari bagian tubuh yang tidak seharusnya, seperti batuk atau muntah darah, perdarahan di feses dan urine, saatnya menemui dokter dan mengetahui penyebabnya sesegera mungkin karena bisa saja kanker penyebabnya.

13. Perubahan di mulut

Jika Anda merokok atau mengunyah tembakau, waspadalah bila ada bercak putih di dalam mulut, atau titik putih yang tidak hilang di lidah, karena ini merupakan tanda leukoplakia (area tempat kanker berada sebelum muncul), yang bisa saja menjadi kanker mulut jika terus menerus iritasi.

14. Problem saat berkemih

Bertambahnya usia seorang pria, problem saat berkemih menjadi makin sering dialami. Bisa terjadi perasaan tidak lampias saat berkemih, ketidakmampuan menahan kencing, bahkan frekuensi kencing yang semakin sering. Waspadalah jika keadaan ini tidak membaik dan bertambah parah karena bisa merupakan pertanda kanker, meski pembesaran prostat di usia lanjut juga bisa menjadi penyebabnya.

15. Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan yang terus-menerus dan berulang-ulang bisa saja merupakan indikasi adanya kanker pada esofagus, tenggorokan, atau perut. Khususnya pada wanita, rasa kembung yang tak biasa disertai perut membesar sehingga sering merasa kenyang dan tak bisa makan patut diwaspadai sebagai gejala kanker ovarium.

Semoga dengan kita mengenali akan berbagai hal yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit kanker ini kita jadi lebih waspada dalam menjaga kesehatan kita dan tentunya kita harus bisa menerapkan akan pola hidup sehat dan juga pola makan yang sehat dalam menjalani kehidupan keseharian kita. Semoga artikel kami ini bermanfaat bagi kita semua. # Bahaya Penyakit Kanker

Bahaya Penyakit Kanker

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *